Minggu, 11 November 2012

Universitas Terbaik

Daftar 5 Universitas Terbaik Asia

Dari ratusan Universitas yang ada di Asia, 5 yang terbaik berdasarkan peringkat yang dikeluarkan oleh QS Top Universities 2011 adalah sebagai berikut :

*angka dalam kurung (100) merupakan skor yang diberikan oleh QS Top Universities 2010
Dari 10 daftar universitas terbaik Asia , hanya diisi oleh empat negara, yaitu Hongkong (3 universitas), Singapura dan Korea Selatan (masing-masing 1 universitas), dan paling banyak diisi oleh Universitas dari Jepang (5 universitas).
Berikut daftar nama-nama kampusnya :

1. University of Hongkong – Hongkong (100)*


Berdiri : Tahun 1911
Motto : Sapientia Et Virtus (Latin) – “Kebijaksanaan dan Kebajikan”
Chancellor: Sir Donald Tsang
Alamat : Pokfulam, Hongkong
Website : www.hku.hk
Bahasa Pengantar : Bahasa Inggris
Fakultas-fakultas :
1. Fakultas Arsitektur
2. Fakultas Seni
3. Fakultas Bisnis dan Ekonomi
4. Fakultas Kedokteran Gigi
5. Fakultas Pendidikan
6. Fakultas Teknik
7. Fakultas Hukum
8. Fakultas Kedokteran Li Ka Shing
9. Fakultas Ilmu Pengetahuan (Science)
10. Fakultas Ilmu Sosial

2. Hongkong University of Science and Technology – Hongkong (99.00)

Ilmu komputer adalah disiplin yang mempelajari struktur, fungsi, dan aplikasi komputer serta interkoneksi dari komputer. Meliputi topik di bidang dasar-dasar ilmu komputer dan teknik komputer, kecerdasan buatan, jaringan, komputer grafis, multimedia komputasi, perangkat lunak dan teknologi web, dan data dan pengetahuan-dasar sistem, program Ilmu Komputer di Universitas ini berdedikasi untuk mendidik siswa dan untuk memajukan penelitian di bidang teknologi komputer dan informasi, serta untuk membantu dalam pengembangan dan pertumbuhan industri informasi di wilayah ini.Melalui upaya peneliti dan insinyur, komputer telah berevolusi dari besar, sistem lambat, mahal, dan sangat khusus untuk kecil, alat-alat yang cepat, terjangkau, dan biasa yang merupakan bagian dari kehidupan hampir semua orang. Kemajuan dalam teknologi jaringan dan teknologi manusia-komputer interfacing telah lebih menciptakan budaya digital. Sifat mana-mana komputer di tempat kerja saat ini dan lingkungan rumah yang membuat komputer melek persyaratan tidak hanya untuk semua profesional dalam masyarakat industri, tetapi juga untuk semua orang yang tinggal di budaya digital.Ilmu Komputer masih merupakan bidang muda. Meskipun kami telah menyaksikan banyak kemajuan di masa lalu, ini hanyalah awal dari sebuah revolusi baru sebagai potensi teknologi informasi belum sepenuhnya terwujud. Teknologi Informasi adalah di tengah-tengah revolusi seperti yang kita bergerak dari interaksi eksplisit dengan perangkat komputasi terputus interaksi implisit dan meresap dengan sangat saling berhubungan, digital sumber daya terpadu tertanam dalam lingkungan di mana kita bekerja, hidup, belajar, dan bermain. Dampak ilmu komputer dan rekayasa informasi akan luas dan mendalam. Program Ilmu Komputer di HKUST mempersiapkan siswa untuk tantangan yang menarik dan peluang baru yang membantu membawa dampak tersebut dalam hidup kita.Departemen ini menawarkan berbagai macam kursus untuk memenuhi kebutuhan siswa sendiri dan orang-orang dari departemen lain. Program-program yang mengarah pada Beng, MPhil, dan gelar PhD. Selain mengambil kursus ilmu komputer, siswa didorong untuk merancang rencana studi individual disesuaikan dengan kepentingan mereka sendiri.


3. National University of Singapore (NUS)- Singapura (98.60)

Sebuah universitas global terkemuka berpusat di Asia, National University of Singapore (NUS) menawarkan pendekatan global untuk pendidikan dan penelitian, dengan fokus pada perspektif Asia dan keahlian. Pendidikan transformatif yang meliputi kurikulum berbasis luas ditegaskan oleh multi-disiplin kursus dan lintas-fakultas pengayaan, serta program-program khusus yang memungkinkan siswa untuk mewujudkan potensi mereka. Lebih dari 36.000 siswa dari 100 negara lebih memperkaya masyarakat dengan beragam perspektif sosial dan budaya, membuat kehidupan kampus yang dinamis dan menarik.

Kami mengundang Anda untuk menjelajahi web NUS dan menemukan bagaimana Universitas berupaya untuk unggul secara global dengan inisiatif baru dalam pendidikan, penelitian dan perusahaan.


4. The Chinese University of Hongkong – Hongkong (98.40)


5. Seoul National University – Korea Selatan

Didirikan 1905
Jenis Swasta
Motto bahasa Korea: 자유·정의·진리
bahasa Latin: Libertas, Justitia, Veritas
(Liberty, Justice, Truth)
Presiden Lee Gi-soo
Mahasiswa 28.568 (2008)
Sarjana 19.454 (2008)
Magister 9.114 (2008)
Kampus Urban
Lokasi Seoul, Korea Selatan
Warna Crimson
Julukan 고대 (Godae), KU
Maskot Harimau
Angkutan umum lihat di bawah
Situs web www.korea.ac.kr (Korean), www.korea.edu (English)
l • d • s
Universitas Korea
Hangul 고려대학교
Alih aksara
Baru Goryeo Daehakgyo
McCune-
Reischauer Koryŏ Taehakkyo
Universitas Korea atau Korea University adalah salah satu universitas swasta terkemuka di Seoul, Korea Selatan dan memiliki dua kampus, yaitu kampus Anam (terbesar) dan kampus kedua di Jochiwon. Universitas Korea didirikan pada tahun 1905, merupakan salah satu tiga besar universitas terbaik di Korea Selatan. Universitas Korea terdiri dari 81 departemen, 15 sekolah tinggi, dan 75 lembaga penelitian. Jumlah total mahasiswa mencapai 30.000 orang, mencakup program sarjana, magister, dan doktor. Sebagai bagian dari usaha globalisasinya, Universitas Korea telah mengadakan program pertukaran mahasiswa dengan universitas-universitas lain di seluruh dunia.[1]
Sejarah
Universitas Korea didirikan tahun 1905 dengan nama Bosung College pada masa-masa terakhir Dinasti Joseon ketika Korea saat itu sedang dalam awal Penjajahan Jepang. Bosung College adalah institusi modern pertama untuk pendidikan tinggi di Korea dengan presiden Hae-Uoung Shin. Sebagai institusi akademis yang berhaluan nasionalis, Universitas Korea dianggap sebagai simbol kebanggaan nasional selama masa kolonialisme Jepang (1910-1945). Pada tahun 1932, Sung-su Kim mengambil alih universitas ini dikarenakan krisis keuangan yang diakibatkan oleh campur tangan pemerintahan kolonial Jepang. Kim membangun lembaga Akademi Jung Ang untuk mendanai universitas. Namanya pun berubah di tahun 1946 menjadi Universitas Korea ketika 3 buah universitas lain didirikan dan institusinya disahkan sebagai universitas. Presiden pertama setelah namanya diubah adalah Sang-Yoon Hyun.
Pada masa Repubilk keenam Korea Selatan, dibawah pengaruh presiden Roh Moo-hyun, universitas mulai bekerja sama dengan banyak institusi pendidikan lain di seluruh dunia. Sebuah program untuk memodernkan dan mengembangkan universitas telah dibuka, dimulai dengan pembangunan Central Plaza tahun 2002, fasilitas parkir bawah tanah terluas di Korea Selatan.
Presiden Universitas Korea saat ini adalah Dr. Ki-Soo Lee.
Reputasi
Dalam negeri
Universitas Korea adalah salah satu universitas yang disebut Universitas "SKY". Akronim itu adalah singkatan dari inisial 3 buah universitas terbaik dan paling selektif di Korea: Universitas Nasional Seoul, Universitas Korea, dan Universitas Yonsei. Universitas Korea sangat terkenal akan bentuk nasionalisme yang disuarakannya di masa penjajahan. Selain itu dikenal pula akan kualitas pendidikannya yang sangat bermutu. Pada tahun 2003, jumlah lulusan dan mahasiswa dari jurusan hukum yang mengikuti bar examination hanya 151 orang yang lulus dari jumlah 905 orang yang mengikuti ujian tersebut.[1] Penerimaan mahasiswa baru pun sangat ketat karena masuk Universitas Korea dan 2 universitas SKY lain dianggap sebagai tiket menuju kesuksesan dan kehormatan bagi masyarakat Korea.[2] Pada tahun 2007, Menteri Pendidikan Korea Selatan menyatakan Universitas Korea memiliki program MBA terbaik di Korea.[3]
Internasional
Universitas Korea menduduki ranking 150 di dunia pada bulan Oktober 2006 dalam survei oleh The Times Higher Education Supplement,[4] lebih baik daripada ranking 184 yang dicapai tahn 2005, ketika Dpartemen Ilmu Pengetahuan Sosial menduduki peringkat 66, dan Kesenian Liberal ranking ke-89.
Kementerian Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menyatakan bahwa Universitas Korea menduduki peringkat 153 di dunia dan ke-4 di Korea, berdasarkan jumlah paper yang diterbitkan di jurnal Science Citation Index[5], [6]. Menurut Peringkat Akademik Universitas Dunia oleh Universitas Jiao Tong Shanghai di Republik Rakyat Tiongkok, Universitas Korea menduduki peringkat ke 301-400[7]. Jurusan bisnis di Universitas Korea juga mendapat pengakuan dunia internasional dengan mendapat sertifikasi Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) untuk level mahasiswa dan sarjana dan European Quality Improvement System (EQUIS) untuk pertama kalinya di Korea, yang disebut sebagai 2 seritifikasi tertinggi di dunia untuk jurusan pendidikan bisnis.[8]
Euh Yoon-dae, presiden universitas berikutnya, memulai sebuah proyek besar di tahun 2003, yakni “Global KU Project”, yang menempatkan Universitas Korea di dalam jajaran 100 universitas terbaik di dunia. Proyek ini mengembangkan program pertukaran mahasiswa, dan juga meningkatkan jumlah pengajaran dalam bahasa Inggris sampai 30 persen serta membangun Kampus Musim Panas Internasional.[9].
Internasionalisasi
Pada tahun 2003, Universitas Korea mengukir prestasi dengan mengembangkan proyek untuk internasionalisasi. Kementerian Pendidikan dan Sumber Daya Manusia Korea Selatan melakukan evaluasi terhadap universitas Korea dan 120 universitas lainnya di Korea Selatan dan termasuk proses penerimaan mahasiswa dan inspeksi ketat secara langsung. KU mendapat nilai yang sangat tinggi untuk pengajaran bahasa Inggris yang terstandarisasi melalui pengembangan pendidikan berbahasa Inggris dan proyek inovatif untuk globalisasi. Pada tahun 2006, harian Joongang Ilbo, yang merupakan salah satu media cetak terkemuka Korea Selatan menempatkan Universitas Korea ke peringkat 2 sebagai univeristas paling global, setelah KAIST.[10] [11]
Olahraga
Dua rival, Universitas Korea dan Unvirsitas Yonsei, yang menempati peringkat atas universitas swasta Korea, dikenal pula akan tradisi, semangat dan kekuatan akademik dan olahraganya. Karena begitu sengitnya persaingan keduanya, pendukung Universitas Korea yang mengenakan atribut warna merah menyebut liga olahraga dengan nama “Ko-Yon Games,” sementara para pendukung Yonsei dengan atribut warna biru menyebutnya “Yon-Ko”. Lima pertandingan: (baseball, basket, hoki es, rugby, dan sepak bola) diadakan setiap tahunnya. [12]
Academik
Jurusan
* Korea University Law School
* Korea University Business School
* College of Liberal Arts
* College of Life sciences and Biotechnology
* College of Political Science and Economics
* College of Science
* College of Engineering
* Korea University Medical School
* College of Education
* College of Nursing
* College of Art and Design
* College of Information and Communications
* Division of Journalism and Mass Communication
* Division of International Studies
* College of Health Sciences (Kampus Seochang)
* College of Humanities (Kampus Seochang)
* College of Business and Economics (Kampus Seochang)
* College of Science and Technologies (Kampus Seochang)
* Division of Public Administration (Kampus Seochang)
Alumni terkenal
* Lee Myung-bak: presiden Korea Selatan sekarang; mantan walikota Seoul
* Oh Se-hoon: walikota Seoul kini
* Choi Tae-won: pemimpin SK Corporation
* No Hwe Chan: mantan anggota Dewan Nasional(Gukhoe). Anggota Partai Buruh Demokratik atau KDLP
* Kim Seung Yoo: pemimpin Hana Financial Group
* Young-Kee Kim: Deputy Director Fermi National Accelerator Laboratory (Fermilab), pemenang penghargaan Ho-Am.
* Lee Hak Soo: Wakil pemimpin Samsung Group
* Hwang Young-Cho: Peraih medali emas maraton di Olimpiade Barcelona (1992)
* Chang Ha Sung: Penggerak akitivis pemegang saham skala kecil di Korea dan pendiri Korea Corporate Governance Fund atau “Chang Ha Sung” Fund
* Gil-Sung Park: profesor sosiologi
* Hong Myung-Bo: Pemenang Bola Perunggu FIFA World Cup 2002
* Cha Bum-Kun: MVP Bundesliga di musim 85~86
* Chung Eui-sun: Presiden Kia Motors
* Kim Yong-ok, sastrawan
* Sung Si Kyung, penyanyi pop
* Kim Suk Ki: Pendiri, Presiden & CEO Silicomtech, sekarang adalah profesor di jurusan College of Engineering.
* Hong, Junepyo : anggota dewan
* Shin, Jun Kyu : konsultan resiko dan pengusaha Beating the Market
* Dua buah stasiun di Kereta Bawah Tanah Seoul Jalur 6 dari Kereta Bawah Tanah Metropolitan Seoul, Stasiun Universitas Korea (고려대역/Goryeodaeyeok) dan Stasiun Anam (안암역), khusus disediakan untuk Universitas Korea.

HOPE : semoga kelak nanti saya bisa kuliah disini !! Amin !!! :)

0 komentar: